Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 1 Darul Imarah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/Genap
Tahun Ajaran : 2010/2011
Alokasi waktu : 9 Jp
1. Standar
Kompetensi : 3. Menganalisis
unsur-unsur geosfer
2. Kompetensi
dasar : 3.1.
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
litosfer
dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di
muka bumi.
3.
Indikator :
a.
Mengkatagorikan
struktur lapisan kulit bumi
b.
Menelaah
perkembangan bentuk muka bumi
c.
Mengkatagorikan
bentang alam akibat proses pengikisan atau pengendapan
d.
Menelaah
proses pembentukan tanah, erosi tanah dan usaha mengurangi erosi
4. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah kegiatan
proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
a.
Mengkatagorikan
struktur lapisan kulit bumi
b.
Menelaah
perkembangan bentuk muka bumi
c.
Mengkatagorikan
bentang alam akibat proses pengikisan atau pengendapan
d.
Menelaah
proses pembentukan tanah, erosi tanah dan usaha mengurangi erosi
5. Materi
Pembelajaran
a.
Dinamika
litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
6. Metode
Pembelajaran :
a.
Model : Group Investigation
b.
Pendekatan : Penyelesaian masalah
c.
Metode : Ceramah, Tanya jawab,
dan diskusi
7. Langkah-Langkah
Pembelajaran :
Pertemuan 1
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa, mengabsen siswa
·
Guru
memberikan apersepsi tentang litosfer
b.
Kegiatan
inti
·
Menjelaskan
pengertian dari litosfer dan susunannya
·
Menyebutkan
dan mengklasifikasikan jenis-jenis batuan
·
Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya
·
Guru
membagikan kelompok diskusi
·
Guru
menyuruh siswa untuk membuat makalah per kelompok tentang bentuk muka bumi
akibat vulkanisme, seisme, dan diastropisme
c.
Kegiatan
penutup
·
Menyimpulkan
dan merangkum materi yang sudah diajarkan
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti
·
Memberikan
PR
·
Menutup
pelajaran dengan memberi salam
Pertemuan 2
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa, mengabsen siswa dan tugas PR disuruh kumpulkan
·
Guru
bertanya tentang materi yang lalu
b.
Kegiatan
inti
·
Menjelaskan
kembali materi lalu yang kurang dimengerti
·
Guru
memimpin diskusi sesuai dengan model yang telah ditetapkan
·
Guru
menyimpulkan hasil sementara diskusi
c.
Kegiatan
penutup
·
Memberi
kesempatan siswa untuk bertanya mengenai hasil diskusi yang belum dimengerti
·
Menutup
pelajaran dengan memberi salam
Pertemuan 3
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa, dan mengabsen siswa
·
Guru
bertanya tentang hasil diskusi minggu lalu
b.
Kegiatan
inti
·
Menjelaskan
kembali hasil diskusi minggu lalu yang kurang dimengerti
·
Melanjutkan
diskusi dan guru memimpin
·
Guru
menyimpulkan hasil diskusi
c.
Kegiatan
penutup
·
Memberi
kesempatan siswa untuk bertanya hasil diskusi yang belum dimengerti
·
Menutup
pelajaran dengan memberi salam
Pertemuan 4
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa, dan mengabsen siswa
·
Guru
bertanya tentang materi yang telah diajarkan
b.
Kegiatan
inti
·
Menjelaskan
dan menyebutkan ciri-ciri bentang alam akibat proses pengikisan dan pengendapan
beserta contoh
·
Menjelaskan
proses pembentukan tanah dan pembagian tanah
·
Guru
bertanya tiap siswa cara mengatasi erosi
·
Guru
menyimpulkan materi pembelajaran
a.
Kegiatan
penutup
·
Memberi
kesempatan siswa untuk bertanya hasil diskusi yang belum dimengerti
·
Menutup
pelajaran dengan memberi salam
Pertemuan 5
Quis
8. Sumber
/ Alat / Bahan
Sumber :
Buku Geografi K. Wardiyatmoko, KTSP 2006
Situs internet
Alat :
-
Bahan : -
9. Jenis
tagihan dan Bentuk Penilaian
a.
Teknik
penilaian :
Tertulis : Quis
Tugas kelompok
Unjuk kerja : Diskusi
b.
Bentuk
Instrumen :
Quis : Uraian
Tugas Kelompok :
Membuat makalah materi dari berbagai sumber
Diskusi : keaktifan dan cara penyelesaian
masalah
c.
Soal
uraian (terlampir)
Lembar Kerja Siswa
1.
Sebutkan
dan jelaskan susunan lapisan kulit bumi (litosfer) . . .
2.
Sebutkan
dan jelaskan secara umum tenaga yang mengubah bentuk muka bumi . . .
3.
Sebutkan
pengertian tektonisme dan macam-macam pembagiannya . . .
4.
Jelaskan
usaha mengurangi erosi tanah . . .
5.
Sebutkan
dan jelaskan pembagian tanah menurut kesuburannya . . .
Jawaban
1.
Susunan
litosfer :
a.
Barisfer, yaitu lapisan inti
bumi merupakan bahan padat yang tersusun dari lapisan besi dengan kedalaman
2.900 Km.
b.
Lapisan pengantara
atau mantle (asthenosfer), terdapat
diatas barisfer yang merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar. Dan
kedalamannnya 1.700 Km.
c.
Litosfer, yaitu lapisan yang
terletak di atas lapisan pengantara, dengan ketebalan 1.200 Km. Litosfer
terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan sial dan sima.
2.
Tenaga
yang mengubah bentuk muka bumi adalah :
a.
Tenaga endogen, merupakan tenaga yang
berasal dari dalam bumi dan dapat member bentuk relief di permukaan bumi.
Adapun yang termasuk tenaga endogen adalah tektonik dan vulkanisme.
b.
Tenaga eksogen, merupakan tenaga yang
berasal dari luar bumi dan tenaga ini banyak merusak bentuk permukaan bumi.
Adapun yang termasuk tenaga eksogen adalah pelapukan dan pengikisan.
3.
Tektonisme adalah perubahan letak
lapisan bumi secara mendatar atau vertikal. Tektonisme dibagi atas dua macam :
a.
Gerak epirogenetik, gerak atau pergeseran
lapisan kulit bumi yang relative lambat, berlangsung dalam waktu yang lama, dan
meliputi daerah yang luas. Contohnya pembentukan benua.
b.
Gerak orogenetik, gerak atau pergeseran
kulit bumi yang relative lebih cepat dari epirogenetik, dan meliputi daerah
yang luas. Contohnya pembentukan pengunungan.
4.
Usaha
mengurangi erosi tanah :
a.
Menanam
tanaman dengan sistem berters-teras (terasering)
b.
Menanami
lahan menurut garis kontur
c.
Pembuatan
tanggul
d.
Pergantian
jenis tanaman, supaya tanah tidak kehabisan unsur hara
e.
Menanam
kembali hutan-hutan yang gundul (reboisasi).
5.
Dilihat
dari segi kesuburan, tanah dibagi atas :
a.
Tanah muda, belum banyak unsur
hara (belum subur)
b.
Tanah dewasa, sudah banyak terdapat
unsur hara (sangat subur)
c.
Tanah tua, unsur hara sudah
berkurang
d.
Tanah sangat tua, unsur hara yang
dikandungnya sudah sangat sedikit (sangat tidak subur)
Mengetahui, Darul Imarah, Oktober 2010,
Kepala sekolah, Guru mata pelajaran,
Drs. Syarifuddin Ibrahim Melfrina Yuniar.B.SE NIP: 195608011982031012 NIP: 197605312005042001
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 1 Darul Imarah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/Genap
Tahun Ajaran : 2010/2011
Alokasi waktu : 6 Jp
1. Standar
Kompetensi : 3. Menganalisis
unsur-unsur geosfer
2. Kompetensi
Dasar : 3.2. manganalisis
atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
di
muka bumi.
3. Indikator :
a.
Mengkatagorikan
ciri-ciri atmosfer dan unsur cuaca/iklim
b.
Mengkatagorikan
tipe iklim dan persebaran curah hujan
c.
Menghubungkan
kaitan iklim dengan jenis-jenis vegetasi alam
d.
Menelaah
faktor penyebab iklim global
4. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah proses belajar
mengajar siswa diharapkan mampu :
a.
Mengkatagorikan
ciri-ciri atmosfer dan unsur cuacu/iklim
b.
Mengkatagorikan
tipe iklim dan persebaran curah hujan
c.
Menghubungkan
kaitan iklim dengan jenis-jenis vegetasi alam
d.
Menelaah
faktor penyebab iklim global
5. Materi
Pembelajaran :
a.
Atmosfer
dan dampaknya terhadap kehidupan
6. Metode
Pembelajaran :
a.
Model : Group Investigation
b.
Pendekatan : Penyelesaian masalah
c.
Metode : ceramah, diskusi, tanya jawab
7. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa dan mengabsen siswa
·
Memberikan
apersepsi tentang atmosfer
b.
Kegiatan
inti
·
Guru
menjelaskan pengertian dan macam-macam lapisan atmosfer
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang kurang dimengerti
·
Guru
membagikan kelompok diskusi
·
Guru
menyuruh kepada tiap kelompok untuk memilih salah satu unsur cuaca dan kemudian
dibuat dalam bentauk makalah
c.
Kegiatan
Penutup
·
Guru
menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan
·
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya kembali mengenai materi yang
kurang dimengerti
·
Menutup
pelajaran dan memberi salam
Pertemuan 2
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa dan mengabsen siswa
·
Menanyakan
kembali materi yang lalu
b.
Kegiatan
inti
·
Guru
mengulang kembali materi yang lalu
·
Guru
memimpin diskusi
·
Guru
menyimpulkan hasil diskusi
c.
Kegiatan
penutup
·
Memberi
kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti
·
Menutup
pelajaran dan member salam
Pertemuan 3
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa dan mengabsen siswa
·
Menanyakan
kembali materi yang lalu
b.
Kegiatan
inti
·
Guru
mengulang kembali materi yang lalu
·
Guru
menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan iklim global
·
Guru
mengadakan quis
c.
Kegiatan
penutup
·
Menutup
pelajaran dengan memberi salam
8. Sumber/Alat/Bahan
Sumber : Buku geografi
K.Wardiatmoko, KTSP 2006
Situs internet
Alat : -
Bahan : -
9. Jenis
Tagihan dan Bentuk Penilaian
a.
Teknik
penilaian :
Tertulis :
Quis
Tugas kelompok
Unjuk kerja :
Diskusi
b.
Bentuk
instrument :
Quis :
Uraian
Tugas kelompok :
Membuat makalah
Diskusi :
Keaktifan dalam penyelesaian masalah
c.
Soal
uraian (terlampir)
Lembar Kerja Siswa
1.
Apakah
yang dimaksud dengan atmosfer . . .
2.
Sebutkan
dan jelaskan unsur-unsur cuaca . . .
3.
Sebutkan
dan jelaskan macam-macam iklim . . .
4.
Jelaskan
secara singkat peristiwa el nino dan la nina . . .
Jawaban :
1.
Atmosfer adalah lapisan udara
yang terdiri dari beberapa gas yang dipertahankan oleh gravitasi bumi dan
digunakan untuk melindungi bumi dari serangan luar.
2.
Unsur-unsur
cuaca :
a.
Penyinaran
matahari
Semua panas yang berasal dari penyinaran matahari
itu diterima oleh permukaan bumi, ada yang dipantulkan kembali, dan ada yang
disergap oleh udara dan awan.
b.
Suhu
udara
Suhu udara diukur dengan thermometer. Thermometer
maksimum digunakan untuk mengukur suhu tertinggi dan thermometer minimum untuk
mengukur suhu terendah.
c.
Tekanan
udara
Permukaan bumi mendapat tekanan udara karena udara
memilki massa. Besarnya tekanan udara dapat diukur dengan barometer. Makin
tinggi tempat di permukaan laut, makin rendah tekanan udaranya.
d.
Angin
Perbedaan tekanan udara dibeberapa tempat
menimbulkan aliran udara. Aliran ini berlangsung dari tempat yang tekanan
udaranya tinggi ke tempat yang tekanan udaranya rendah. Udara mengalir inilah
yang disebut dengan angin.
e.
Awan
Awan adalah kumpulan tetesan air di dalam udara di
atmosfer yang terjadi karena adanya pengembunan/pemadatan uap air yang terdapat
di udara setelah melampaui keadaan jenuh.
f.
Kelembaban
udara
Kelembababn udara dibagi atas kelembaban mutlak dan
kelembaban nisbi. Kelembaban mutlak (absolut) adalah bilangan yang menunjukkan
berapa gram berat uap air yang tertampung dalam satu meter kubik udara.
Sedangkan kelembababn nisbi (relatif) adalah bilangan yang menunjukkan berapa
persen perbandingan antara jumlah uap air yang ada di dalam udara saat
pengukuran dan jumlah uap air maksimum yang dapat ditampung oleh udara.
g.
Curah
hujan
Tebalnya hujan pada setiap tempat dapat diketahui
dengan pengukuran curah hujan, alat pengukur hujan disebut dengan penakar
hujan.
3.
Macam-macam
iklim
a.
Iklim
matahari
Dasar perhitungan untuk mengadakan pembagian daerah
iklim matahari ialah banyaknya sinar matahari yang diterima oleh permukaan
bumi.
b.
Iklim
fisis
Iklim fisis adalah iklim yang didassarkan pada
pembagian daerah menurut keadaan sesungguhnya sebagai pengaruh dari faktor
daratan yang luas, lautan, angin, arus laut, vegetasi dan topografi.
c.
Iklim
menurut koppen
Koppen mengadakan pembagian daerah iklim berdasarkan
temperatur dan hujan, permukaan bumi dibagi beberapa daerah iklim.
d.
Iklim
menurut Schmidt-Ferguson
Schmidt-Ferguson membagikan iklim lebih menitik
beratkan tipe curah hujan dan penggolongannya.
e.
Iklim
menurut Oldeman
Dalam pembagian iklim, Oldeman lebih menitik
beratkan pada banyaknya bulan basah dan bulan kering secara berturut-turut yang
dikaitkan dengan sistem pertanian untuk daerah-daerah tertentu. Maka oleh
karena itu penggolongan iklimn ya lebih dikenal dengan sebutan zona agroklimat.
4.
Peristiwa El Nino, adalah apabila angin
pasat akan melemah dan arahnya berbalik, yakni berhembus dari arah barat ke
arah timur. Jadi udara yang lembab tidak berpusat di dekat benua Australia,
akan tetapi berpusat di samudera pasifik tengah dan meluas ke timur arah
Amerika selatan. Hal ini menyebabkan kurangnya turun hujan di samudera pasifik,
Australia dan Indonesia.akibatnya timbul kekeringan yang memanjang.
Peristiwa
La Nina, adalah
terjadi ketika angin pasat berhembus dengan keras dan terus menerus melintasi
samudera Pasifik ke arah Austrlia. Akibat tersebut mendorong banyak air yang
selanjutnya terjadi hujan yang berkepanjangan di Australia, samudera pasifik,
dan Indonesia.
Mengetahui, Darul Imarah, Februari 2011
Kepala sekolah, Guru mata pelajaran,
Drs. Syahbuddin Dra.Yuflinawati NIP : 19561224 198903 1003 NIP:
19600703 198803 2003
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 1 Darul Imarah
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/Genap
Tahun Ajaran : 2010/2011
Alokasi waktu : 4 Jp
1. Standar
Kompetensi : 3.Menganalisis
unsur-unsur geosfer
2.
Kompetensi Dasar : 3.3. menganalisis hidrosfer dan
dampaknya terhadap kehidupan
di
muka bumi
3.
Indikator :
a.
Mengkatagorikan
unsur-unsur siklus hidrologi dan jenis perairan
b.
Menelaah
DAS, potensi air permukaan, dan air tanah
c.
Menelaah
dampak banjir dan usaha mengurangi banjir
d.
Menelaah
pantai, pesisir laut, dan ekosistemnya
e.
Mengkatagorikan
zona laut, morfologi laut, gerak air laut, dan kualitas air laut
4. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah proses belajar
mengajar, siswa diharapkan mampu :
a.
Mengkatagorikan
unsur-unsur siklus hidrologi dan jenis perairan
b.
Menelaah
DAS, potensi air permukaan, dan air tanah
c.
Menelaah
dampak banjir dan usaha mengurangi banjir
d.
Mengkatagorikan
zona laut, morfologi air laut, dan kualitas air laut
5. Materi
Pembelajaran
a.
Hidrosfer
dan dampaknya terhadap kehidupan
6. Metode
Pembelajaran
a.
Model : Artikulasi
b.
Pendekatan : Penyelesaian masalah
c.
Model : Ceramah, tanya jawab,
diskusi
7.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa, dan mengabsen siswa
·
Guru
memberikan apersesi tentang hidrosfer
b.
Kegiatan
inti
·
Guru
menjelaskan pengertian hidrosfer dan siklus hidrologi
·
Guru
membagikan kelompok diskusi
·
Guru
memimpin diskusi tentang jenis-jenis perairan serta potensi air permukaan dan
air tanah
c.
Kegiatan
penutup
·
Guru
menyimpulkan hasil diskusi
·
Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti
·
Menutup pelajaran dengan member salam
Pertemua 2
a.
Kegiatan
awal
·
Memulai
pelajaran dengan berdoa dan mengabsen siswa
·
Guru
mengulang materi yang lalu
b.
Kegiatan
inti
·
Guru
menjelaskan penyebab dan usaha mengurangi banjir
·
Guru
menjelaskan materi tentang pantai dan pesisir laut serta ekosistemnya
·
Memberi
kesempatan siswa untuk bertanya
·
Guru
mengadakan quis
c.
Kegiatan
penutup
·
Guru
menutup pelajaran dengan memberi salam
8. Sumber/Alat/Bahan
Sumber :
Buku Geografi K. Wardiyatmoko, KTSP 2006
Situs internet
Alat :
-
Bahan : -
9. Jenis
Tagihan dan Bentuk Penilaian
a.
Teknik
penilaian :
Tertulis : Quis
Unjuk
kerja : Diskusi
b.
Bentuk
instrument :
Quis :
Uraian
Tugas
individu : -
Diskusi :
Keaktifan dan cara penyelesaian masalah
c.
Soal
uraian (terlampir)
Lembar Kerja Siswa
1.
Sebutkan
dan jelaskan macam-macam siklus air . . .
2.
Sebutkan
dan jelaskan jenis-jenis perairan . . .
3.
Sebutkan
usaha-usaha yang dilakukan untuk mengurangi resiko banjir . . .
4.
Sebutkan
dan jelaskan pembagian laut menurut zona kedalamannya . . .
Jawaban
1.
Macam-macam
siklus air :
a.
Siklus kecil, air laut menguap,
mengalami kondensasi, menjadi awan dan hujan lalu jatuh ke laut.
b.
Siklus sedang, air laut menguap,
mengalami kondensasi dan angin membawa air, membentuk awan di atas daratan,
jatuh sebagai hujan, lalu masuk ke tanah, selokan, sungai, dan ke laut lagi.
c.
Siklus besar, air laut menguap
menjadi gas kemudian membentuk Kristal-kristal es di atas laut, dibawa angin ke
daratan (pengunungan tinggi), jatuh sebagai salju, membentuk gletser, masuk ke
sungai, lalu kembali laut.
2.
Jenis-jenis
perairan :
a.
Sungai
Sungai adalah air tawar yang mengalir dari sumbernya
di daratan menuju dan bermuara di laut, danau, atau sungai yang lebih besar.
b.
Danau
Danau ialah suatu kumpulan air dalam cekungan
tertentu, yang biasanya membentuk mangkuk.
c.
Rawa
Rawa adalah daerah di sekitar sungai atau muara
sungai yang cukup besar yang merupakan tanah lumpur dengan kadar air yang
relatif tinggi.
3.
Usaha
untuk mengurangi resiko banjir adalah :
a.
Upaya
penghijauan dan penghutanan kembali wilayah gundul
b.
Pembuatan
teras-teras pada daerah miring
c.
Pembuatan
tanggul-tanggul di pinggir sungai
d.
Diadakan
pelurusan dan pengerukan sungai
e.
Pembuatan
terusan saluran air
f.
Pembuatan
bendungan untuk menampung air
g.
Di
kawasan perkotaan di buat kanal-kanal sungai
h.
Peningkatan
kesadaran penduduk dalam upaya memelihara lingkungan
Mengetahui, Darul Imarah, Februari 2011
Kepala sekolah, Guru mata pelajaran,
Drs. Syahbuddin Dra.Yuflinawati NIP : 19561224 198903 1003 NIP:
19600703 198803 2003