Minggu, 17 Maret 2013

pengaruh pembangunan industri semen terhadap pendapatan masyarakat.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Masalah utama yang dihadapi Indonesia saat ini adalah banyaknya jumlah pengangguran terbuka dalam periode beberapa tahun terakhir ini terus meningkat. Selain itu masalah yang dihadapi Indonesia adalah pendapatan perkapita yang masih rendah dibandingkan dengan negara berkembang lainnya seperti Thailand dan Malaysia. Salah satu alternatif yang mengurangi jumlah pengangguran dan meningkatkan pendapatan adalah dengan mengembangkan sektor yang potensial. Salah satu sektor yang potensial tersebut adalah sektor industri.
Pembangunan sektor industri sebagai bagian dari proses pembangunan nasional dalam menigkatkan pertumbuhan ekonomi telah membawa perubahan terhadap kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut meliputi dampak pembangunan industri terhadap sosial ekonomi masyarakat dan lingkungan sekitar industri. Dampak pembangunan industri terhadap aspek sosial ekonomi meliputi mata pencaharian penduduk dari sektor pertanian menjadi sektor industri dan perdagangan, dampak lainnya terbukanya kesempatan kerja yang lebih luas baik bagi masyarakat setempat maupun masyarakat pendatang. Dampak industri terhadap aspek sosial budaya antara lain berkurangnya kekuatan mengikat nilai dan norma budaya yang ada karena masuknya nilai dan norma budaya baru yang dibawa oleh masyarakat pendatang atau migran. Dampak pembangunan industri terhadap linkungan dapat memberi pengaruh negatif terhadap kelangsungan hidup masyarakat.
Pembangunan industri telah memberikan pengaruh secara langsung dan tidak langsung, pengaruh langsungnya adalah berkurangnya lahan pertanian, sedangkan pengaruh tidak langsungnya adalah bergesernya mata pencaharian penduduk setempat ke bidang industri dan jasa/perdagangan. Pengaruh langsung dan tidak langsung tersebut juga ada yang positif dan negatif. Pengaruh positifnya adalah menciptakan keanekaragaman kehidupan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sedangkan pengaruh negatifnya adalah munculnya kecemburuan sosial dari pemuda setempat karena adanya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan. Pengaruh negatif lainnya adalah berkurangnya lahan pertanian yang menyebabkan petani yang hanya memiliki sedikit lahan dan tidak memiliki keterampilan serta tingkat pendidikan yang rendah menjadi tersingkir.
Pembangunan wilayah merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan tersebut harus dilaksanakan secara serasi, selaras dan seimbang pada wilayah perkotaan ataupun pedesaan. Selain itu, keterpaduan antar sektor pembangunan harus diupayakan secara optimal oleh perencana daerah agar menghasilkan sesuatu energi kekuatan yang efektif berfungsi mencapai kemandirian perekonomian.
Manusia sebagai makhluk sosial yang sekaligus juga makhluk individual, maka terdapat perbedaan antara individu yang satu dengan yang lainnya. Salah satu perbedaannya adalah kebutuhan akan kehidupan sehari-hari. Uang merupakan isu besar kehidupan manusia, sehingga berbagai cara dilakukan agar mendapatkan uang. Dalam hal ini, besar tingginya pendapatan masayarakat sangat ditentukan oleh aktivitas yang dikerjakan oleh masyarakat tersebut. Munculnya lapangan pekerjaan dapat mengurangi angka penggangguran, apakah bagi masyarakat sekitar lahan tempat lapangan itu muncul, atau bagi masyarakat lain.
Pembangunan sebuah industri memberi konstribusi dan merupakan salah satu faktor pendukung untuk mengurangi angka pengangguran, dimana munculnya lapangan pekerjaan baru. Hal tersebut sangat disyukuri oleh masyarakat, apalagi masyarakat yang berada di sekitar kawasan pembangunan industri tersebut. Dengan harapan dijadikan bahagian dari program aktivitas mereka.
Pada tahun 2007 PT Semen Padang yang merupakan pabrik industri semen terbesar di Indonesia mengoperasikan sebuah cabang pengepapakan semen curah di semenanjung pulau Sumatera tepatnya di Pelabuhan Malahayati. Pembangunan pabrik semen tersebut mendapat imbas, karena menambah PAD Aceh umumnya, dan Aceh Besar  pada khususnya. Suasana yang demikian mungkin memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembangunan pabrik semen tersebut, sehingga peran yang pembangunan industri pabrik semen meningkatkan manfaat yang besar bagi pendapatan masyarakat di sekitar terutama masyarakat Desa Lamreh.
  Berdasarkan pada uraian di atas maka penulis mencoba untuk menulis sebuah karya ilmiah dengan judul “Pengaruh Industri Pabrik Semen Terhadap Pendapatan Masyarakat Di Sekitar Pelabuhan Malahayati Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar”.

1.2.  Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Industri Pabrik Semen Terhadap Pendapatan Masyarakat di Sekitar Pelabuhan Malahayati Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar ”.

1. 3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penulisan karya ilmiah ini, adalah sebagai berikut:
1.    Untuk mengetahui bagaimana pengaruh industri pabrik semen terhadap pendapatan masyarakat di sekitar Pelabuhan Malahayati Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.  

1.4 Manfaat Penelitian.
1.    Sebagai bahan pertimbangan bagi Pemerintah daerah dalam mengkaji kelayakan pabrik semen terhadap dampak yang ditimbulakan kepada masyarakat.
2.    Untuk mengetahui peran pabrik semen dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.
3.    Sebagai sumbangan pikiran bagi mahasiswa geografi khususnya serta bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam mengkaji dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat.

1.4.  Penjelasan Istilah
Agar tidak terjadi kesalahan pemahaman dalam mengartikan dan memahami istilah yang terdapat dalam judul karya ilmiah ini, maka penulis perlu memberi batasan istilah sebagai berikut:
1.    Pengertian pendapatan.
Dalam pengertian umum pendapatan adalah hasil pencaharian usaha.
2. Objek Rekreasi
Sebuah tempat permandian air terjun yang berada di Desa Batu Tunggai Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan yang bernama air dingin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar