Senin, 31 Oktober 2011

bentuk case study


C.  LAMPIRAN CASE STUDY BULAN KETIGA
SISWAKU TERMOTIVASI DENGAN NILAI

Pada bulan ketiga (april) untuk pertemuan ke 1 dengan materi menganalisis proses terjadinya angin , pada pertemuan pertama dibulan ketiga yaitu bulan april, saya  menjelaskan dan memberi pemahaman dan tujuan pembelajaran pada siswa mengenai materi yang akan berlangsung yaitu pergerakan angin yang ada di indoneisia dan pengaruh terjadinya angin pada suatu tempat yang dilaluinya, untuk materi ini saya mengunakan model make a macth hal yang pertama saya lakukan adalah membagikan siswa kedalam 6 kelompok secara acak dan heterogen yang selanjutnya saya menjelaskan prosedur pembelajaran.
setelah itu saya membagi tiap-tiap kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban masing-masing siswa mendapatkan satu kartu dengan prosedur permainan yang saya lakukan yang pertama yaitu saya menyuruh salah satu siswa dalam kelompok untuk membacakan kartu yang dipegang sedangkan yang lain mencocokan dengan kartu yang dimaksud sampai seterusnya hinga usai. dalam pengunaan model ini saya melihat antusias dari siswa sangat tinggi dikarenakan model ini memberikan kepercayaan kepada siswa untuk mengungkapkan sesuatu. Selanjutnya saya menjelaskan materi yang sedang dibahas dan merangkumnya hinga selesai.  
Dalam pertemuan mingu kedua masih dalam bulan april dengan materi yang akan cuaca dan iklim sebelum saya memasuki materi yang akan saya bahas terlebih dahulu saya meminta kepada semua siswa untuk memperhatikan/mengamati langit pada saat itu, setelah selesai saya menanykan kesiswa apasaja yang diamati tadi yang pastinya jawabannya bervariasi hinga ada salah satu siswa yang menyingung masalah cuaca setelah itu saya menuliskan topik pembelajaran mingu ini yaitu mengenai cuaca dan iklim. Saya bertanya lagi pada siswa mengenai perbedaan iklim dan cuaca dan menjelaskan berserta memberikan sedikit catatan buat siswa mengenai materi yang sedang dikaji dan menjelaskan pengertian iklim dan cuaca serta unsur-unsur iklim dan cuaca berserta dengan faktor dan pengaruhnya terhadap jkehidupan, setelah itu kelar saya melihat siswa sedikit ricuh karena mungkin bosan dengan penjelasan saya yang panjang lebar.
Untuk menghindari hal tersebut terus berlanjut saya memberikan mereka latihan yang soalnya saya tulis dipapan tulis untuk dikerjakan pada saat itu juga dengan durasi waktu 20 menit pada saat itu siswa sudah mulai tenang dan mengerjakan latihan yang saya berikan, setelah durasi waktu yang saya berikan habis saya meminta siswa untuk mengumpulkan latihanya dan saya merangkum dan menyimpulkan materi yang saya ajarkan pada waktu itu dan memberikan siswa topik pembelajaran untuk mingu depan agar dipelajari dirumah.
 Dalam pertemuan ketiga ini masih dalam bulan april dengan materi yang berbeda yaitu materinya mengidentifikasikan type-type hujan dalam materi ini saya sebelumnya sudah menyiapkan power point dengan gambar hujan dan proses-proses terjadinya hujan yang saya ambil dari internet dan beberapa penjelasan mengenai type-type hujan yang sudah saya rangkum dalam powerpoint sebagai bahan ajar dalam mingu ini.
Dalam materi ini saya juga merencanakan akan mengunakan model make a macth yang terlebih dahulu saya persiapkan yaitu kartu-kartu yang saya isikan dalam tiap-tiap kartu tersebut pertanyaan dan jawaban kartu-kartu ini saya buat sejumlah dengan siswa yang ada dalam satu kelas dan saya buat pula kartu kelompok memlalui kartu itunantinya siswa akan membuat kelompok dengan tujuan menghindari keributan dan kericuhan antar satu siswa dengan siswa yang lainya.
Setelah persiapan yang telah saya lakukan maka tiba saatnya saya merealisasikan apa saja yang telah saya rencanakan, seperti biasanya saya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh guru pamong pada hari itu saya langsung masuk kelas untuk melakukan kegiatan mengajar dengan wajah siswa saya yang beragam setelah saya menanyakan kesiapan siswa untuk belajar dengan diiringi absen kehadiran siswa, setelah kesemuanya selesai saya menanyakan kepada siswa “apa siswa semuanya ada mandi hujan?” dengan jawaban siswa kesemuanya mengatakan “ada”.
 yang selanjutnya saya menanyakan kepada beberapa siswa secara bergeliran mengenai pengertian hujan menurut mereka sendiri pada saat mereka memberikan jawaban saya secara tidak sadar tertawa terbahak-bahak karena jawaban para siswa sanga-sangat lucu ya! Apa boleh buat karena saya meminta pengertianya itu menurut siswa. Selanjutnya saya menjelaskan kepada siswa mengenai tujuan materi yang dipelajari dan sedikit memberikan catatan setelah itu kesemuanya itu selesai tibalah saatnya saya memulai apa yang sudah saya rencanakan jauh sebelumnya yaitu permainan model make a macth.
 yang pertama saya lakukan adalah saya membagi kartu kelompok yang sudaha saya siapkan kemasing-masing siswa dan meminta siswa untuk membentuk kelompok sesuai dengan kartu yang didapatinya setelah kelompok terbentuk selanjutnya saya memjelask prosedur permainan tersebut setelah selesai dan siswa sudah memahami semua saya membagikan karu tersebut yang masing-masing siswa mendapatkan satu kartu setelah kesemua itu selesai saya meminta kepada setiap siswa secara acak untuk membacakan kartu yang dipegang dan mencocokkannya, nilai di ambil dari perolehan nilai kelompok yang banyak menjawab(mencocokan) dengan kartu yang dibacakan siswa yang lainya. Setelah kesemuanya itu selesai maka saya menjelaskan secara singkat mengenai materi yang berlangsung dan merangkum serta menyimpulkan materi tersebut.
Untuk pertemuan keempat masih dalam bulan april dengan materi yang berbeda yaitu menghitung suhu di duatu tempat dalam materi ini langkah pertama yang saya lakukan yaitu menanyakan pada siswa mengenai pengertian suhu dengan catatan siapa yang bisa menjawab dengan baik akan mendapatkan nilai tambah siswapun sibuk melihat buku-buku yang dimiliki untuk mendapatkan jawaban yang saya masuk setelah itu selesai selanjutnya saya menjelaskan kepada siswa pengertian suhu dan menjelaskan cara mencari suhu disuatu tempat dengan mengunakan rumus yang dimaksud dan memberikan satu contoh bagaimana menghitung suhu disuatu tempat.
Setelah itu saya membuat lima pertanyaan dipapan tulis yang akan menjadi soal rebutan bagi siswa karena siapa yang dapat menyelesaikannya dengan benar akan diberi nilai 100 untuk materi ini, dan siswapun sangat semangat untuk menghitung dulu sebelum mengerjakan nya dipapantulis, setelah itu siswa satu persatu maju kedepan untuk menyelesaikan soal tersebut dari lima soal yang betul dikerjakan hanya 2 soal namun siswa meminta membuat soal lagi dan sayapun meresponnya dengan memberi 5 soal lagi untuk dikerjakan.
Setelah semuanya selesai dikerjakan saya melihat jam tingal 17 menit lagi sehinga sayapun menjelaskan kembali materi tersebut dan menanyakan kepada salah satu siswa dengan tujuan ingin mengetahui pemahaman siswa dan selanjutnya menyimpulkan materi yang saya ajarkan berserta memberitahukan kepada siswa mengenai materi mingu depan serta memberikan siswa pekerjaan rumah dan memotivasinya untuk selalu semangat belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar